Sabtu, 18 Mei 2013

Tidak Ada yang Salah dengan Kegagalan


Kegagalan, saya yakin 100%, semua orang pasti pernah mengalami kegagalan. Sekecil apa pun kegagalan itu, saya yakin kamu pasti pernah mengalami kegagalan. Tidak ada yang salah dengan kegagalan. Kalau saya sendiri sering gagal juga, ada banyak sekali kegagalan yang pernah saya alami.
Saya sempat kalah ketika lomba baca puisi saat SD. Saya pernah ditolak sama perempuan yang saya taksir sejak sekian lama ketika SMP. Saya juga sempat tidak diterima di sekolah yang saya inginkan ketika SMA, sehingga saya bingung mencari sekolah selulus saya SMP. Saya juga pernah tidak lulus salah satu mata kuliah ketika kuliah, sehingga harus mengulang di tahun berikutnya. Saya pernah gagal dalam menjalin sebuah hubungan yang sudah berlangsung selama beberapa tahun. Ada banyak lagi kegagalan yang pernah saya alami selain kegagalan yang sudah saya sebutkan tadi.
Apakah saya lalu sekarang hidup tidak bahagia dan larut dalam rasa mengeluh terus karena kegagalan-kegagalan yang saya alami? Tidak. Saya sadar bahwa ternyata ada dua pelajaran utama yang bisa saya ambil dari semua kegagalan yang pernah saya alami selama ini.

1.   Banyak hal baru yang kamu pelajari ketika kamu gagal atau banyak hal baru yang terpaksa harus kamu pelajari ketika kamu gagal
Pernahkah kamu mendengar atau membaca quotes yang menyatakan bahwa orang yang tidak pernah gagal tidak akan pernah nyoba hal baru? Ya, saya setuju dengan quote ini. Ketika saya kalah dalam lomba debat antar kelas di kampus saya, saya semakin penasaran dengan teknik debat. Akhirnya saya mencari tahu. Saya membaca buku tentang komunikasi, tentang debat. Saya terpaksa mempelajari hal-hal baru yang selama ini tidak saya lakukan dulu. Saya tidak  kebayang jika saya tidak gagal dalam hal, seberapa tidak bekembangnya saya hehehe….

2.   Kegagalan adalah kunci kesuksesan
Saya setuju dengan pendapat John C Maxwell di bukunya “The Difference Maker” bahwa “Failure doesn’t mean you’ll never succeed. It just means it will take longer”. Kegagalan tidak berarti kamu tidak akan pernah berhasil. Itu hanya berarti kamu akan memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai sesuatu. Hal ini saya alami berkali kali, saya sering gagal. Namun, kegagalan itulah kemudian yang membuat saya banyak belajar hingga mencapai kata sukses menurut takaran saya.

Kamu hanya harus sabar menunggu lebih lama dan berusaha lebih giat untuk merubah kegagalan menjadi kesuksesan. Walaupun banyak sekali manfaatnya, tapi yang namanya gagal selalu tidak mengenakkan. Tapi, coba renungkan sekali lagi bahwa, apa yang membuat kamu seperti hari ini, bagaimana hebatnya kamu hari ini, seberapa banyak pujian yang dapatkan setelah kamu mengalami kegagalan berulang kali.
Jadi jangan takut gagal ya, karena gagal itu tidak salah sama sekali kok. Yang salah adalah jika kamu gagal dan tidak belajar apapun dan mengulangi kegagalan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar