Minggu, 12 Mei 2013

Bukan Pesta Politik, tapi Pesta Kreatif (4 of 4)

Negara kita adalah negara yang kaya. Memiliki kebudayaan yang melimpah. Inilah yang perlu kita pertahankan dari Sabang sampai Merauke. Ribuan jumlahnya dalam satu bendera, Merah Putih. Bayangkan dengan para pemuda tempo dulu yg rela mengorbankan darah, tenaga, dan pikiran demi sebuah kemerdekaan. Tugas kita sekarang hanya perlu mempertahankan semua itu dari tangan “penjajah” masa sekarang.
Walau Bali sudah terkenal di mancanegara berkat kebudayaan yang dimiliki, kita hendaknya tidak berpuas diri. Langkah selanjutnya adalah menjaganya dan jangan sampai terjadi saling klaim kebudayaan lagi. Jika sampai terjadi, ini berarti kebangkitan nasional akan susah terealisasi. Hal seperti inilah yang perlu diperhatikan oleh pemerintah secara menyeruluh karena semua wilayah Indonesia memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan. Saya yakin, langkah ini akan menjadi sebuah pondasi yang kokoh bagi negara ini.
Kita harus memikirkan kembali dengan radikal cara pandang kita terhadap kecerdasan dan pendidikan. Inilah yang menjadi kunci negara itu untuk bangkit dan maju. Lalu karena wilayah kita yang luas, tantangan kita pun besar. Pendidikan sangatlah penting dan akan tumbuh maksimal jika dikembangkan dengan kekuatan lokal masing-masing. Perlu adanya tambahan kreativitas untuk mendukung kebangkitan nasional. Maka tepat rasanya saya menganjurkan untuk lebih respect terhadap pendidikan kesenian. Kreativitas bisa dilatih di sana. Kepekaan dan kecerdasan memahami andil kearifan lokal dalam kebangkitan nasional juga bisa didapat di sana.
Mari memulai pesta kreatif untuk mendukung kebangkitan nasional. Jujur saja, saya sudah sangat mual dengan pesta politik yang kini sudah sedikit demi sedikit menyelipkan diri di dunia pendidikan. Hasilnya, bangsa ini jauh dari kebangkitan serta berpotensi mengalami keterpurukan yang lebih parah karena pendidikan digunakan untuk ajang coba-coba. Ingatlah, Indonesia itu beragam, tidak bisa diseragamkan. Keberagaman inilah yang akan membawa Indonesia bangkit.


selamat hari kebangkitan nasional, 20 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar