Selasa, 28 Februari 2012

Sikapi Kemiskinan Dari Sisi Lain


Kemiskinan masih menjadi masalah sosial yang belum terselesaikan. Bahkan setiap tahun mengalami penambahan kuantitas. Pendataan dari Badan Pusat Statistik Bali akhir tahun lalu mencatat kedalaman kemiskinan di daerah perkotaan lebih rendah dibandingkan daerah perdesaan. Begitu juga halnya dengan indeks keparahan kemiskinan. Kondisi ini mencerminkan kemiskinan di daerah perdesaan lebih parah dan ketimpangan pengeluaran diantara penduduk miskin lebih melebar dibandingkan daerah perkotaan. Hal yang sangat parah.
Laju pertumbuhan ekonomi Bali yang cukup mengesankan ternyata tidak sepenuhnya berpengaruh kepada jumlah warga miskin di Bali. Kemiskinan merupakan masalah kompleks dan kronis baik nasional maupun regional. Untuk itu, penanggulangannya memerlukan strategi yang tepat dan berkelanjutan. Pemerintah lewat program pembangunan yang dilaksanakan selama ini, sebenarnya memberikan perhatian besar terhadap upaya pengentasan kemiskinan. Tapi dalam pelaksanaannya masih setengah hati.
Selain itu, masyarakat juga sebaiknya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang dapat membuat mereka miskin. Di lain sisi, pemerintah juga hendaknya mencari tahu penyebab kemiskinan yang melanda warganya. Salah satunya, pengaruh kapitalisme yang membuat masyarakat miskin menjadi semakin miskin, dan yang kaya menjadi semakin kaya. Pemiskinan (juga) terjadi karena masyarakat tidak dapat memanfaatkan sumber-sumber pendapatan yang telah tersedia. Ilustrasinya seperti ini, seorang yang tidak berpendidikan akan susah mendapat pekerjaan yang terbaik.
Usaha yang harus dilakukan dalam mengubah pandangan masyarakat dari kebudayaan miskin yaitu dengan cara memberikan kesejahteraan kepada masyarakat tersebut baik dari segi pendidikan, keterampilan, maupun sarana dan prasarana yang mereka butuhkan untuk membantu mereka dalam menjalankan hidup. Masyarakat dapat mengubah paradigma mereka dan dapat berpikir kembali bahwa kemiskinan bukan berasal dari keadaan turun-temurun yang menjadikan mereka miskin, tetapi kemiskinan terjadi karena mereka tidak dapat berusaha untuk mencari suatu pemecahan permasalahan dari apa yang mereka hadapi.
Maka dari itu, perlu kiranya tindakkan yang lebih nyata terkait penyelesaian masalah kemiskinan ini. Yang juga sangat perlu disadari adalah apa sebenarnya definisi miskin itu. Jangan sampai pemerintah salah memaknai warga miskin. Pemerintah juga jangan tertipu pada warga yang mengaku miskin hanya untuk mendapatkan bantuan. Jelas akan salah sasaran. Semoga di tahun 2012 ini, kemiskinan menjadi salah satu prioritas yang akan diselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar