Rabu, 10 April 2013

Esai Pendek: Mari Mencintai Bahasa Indonesia



Bahasa Indonesia merupakan bahasa Nasional. Bahasa ini wajib dikuasai seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Bahkan tidak hanya dikuasai, namun juga harus dipraktekkan dengan baik dan benar, salah satunya digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari. Ini penting karena fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai alat pemersatu bangsa karena kita telah tahu bahwa bangsa kita ini terdiri atas bermacam-macam suku, adat, dan bahasa.
Bahasa Indonesia memiliki suatu peranan penting dalam kehidupan rakyat Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa nasional. Bahasa Indonesia digunakan dalam berkomunikasi ke luar dengan masyarakat lain di daerah lain di Indonesia. Namun tetap dengan catatan, bahasa daerah masing-masing yang dimiliki wajib dilestarikan keberadaanya.
Di dalam masyarakat perkotaan besar, tentu bahasa wajib adalah menggunakan bahasa Indonesia, lalu bagaimana dengan masyarakat di pedesaan? Pasti mereka masih menggunakan bahasa daerah untu berkomunikasi dan sebagian dari mereka terkadang masih belum bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Dalam hal ini melestarikan bahasa daerah adalah sangat perlu, namun tidak bisa dipungkiri penggunaan bahasa Indonesia tentu penting juga sebagai sesuatu kesadaran berbangsa satu, yakni bangsa Indonesia dan untuk keperluan bergaul ke dunia luar.
Apalagi pada zaman modern seperti ini, yang mengharuskan kita cakap dalam berkomunikasi demi mengembangkan taraf hidup, kecakapan penggunaan bahasa Indonesia wajib kita milik. Contoh kecil, ketika kita melamar suatu pekerjaan di kota atau ke luar kota, pastilah kita dituntut menguasai bahasa Indonesia. Walaupun bukan bahasa Indonesia yang baik dan benar, minimal bahasa Indonesia untuk berkomunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar