Minggu, 27 November 2011

Telepon Alat Komunikasi Terhebat



T
elepon sudah menjadi bagian yang sangat penting dari komunikasi selama lebih dari satu abad. Dan tak dapat dipungkiri telepon sangat dibutuhkan orang-orang pada jaman ini. Dari tua hingga muda sudah mulai memakai telepon dan memilikinya, dan tak jarang ada yang menpunyai lebih dari satu. Telepon sangat membantu manusia di dalam melakukan komunikasi jarank jauh. Bahkan orang desa juga sudah menggunakannya danbukan merupakan barang baru bagi mereka.

Pada mulanya telepon dibuat sangat sederhana. Telepon pertama diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Bell adalah orang Skotlandia yang mengajar tuna runggu di Amerika Serikat. Tahun 1891 pernah diadakan upacara besar-besaran untuk meresmukan hubungan telepon antara London dan Paris. Sejak itulah peran telepon sangat berguna untuk komunikasi bisnis di dunia.

Sebelum era telepon, alat komunikasi tercepat adalah Telegraf. Telegraf ditemukan oleh Samuel F.B. Morse (1791-1872). Telegraf berasal dari kata Yunani yang artinya menulis jarak jauh. Pada tahun 1864 telegraf digunakan untuk berhubungan dengan tentara yang bertempur di tempat jauh saat perang saudara di Amerika Serikat. Tapi seiring dengan perkembangan jaman telegraf mulai ditinggalkan orang danberalih ke telepon alat komunikasi yang lebih modern dan canggih.

Telepon dari dulu hingga sekarang sudah mengalami perubahan besar-besaran, mulai dari telepon dengan tombol putar hingga Telepon Seluler (Ponsel) yang banyak saat ini. Ponsel sangat menarik minat banyak orang karena fasilias-fasilitas yang ditawarkan. Sekarang ponsel bukan hanya digunakan untuk alat komunikasi tapi bisa untuk mendengarkan musik, alat potret hingga bermain game, dan bahkan ada yang menggunakan sebagai koleksi.

Dalam perkembangannya bentuk ponsel makin beragam dan unik, mulai dari ponsel yang kecil tipis hingga yang besar seukuran batu bata. Karena itulah dewasa ini ponsel merupakan barang “wajib” yang harus dimiliki oleh orang khususnya para remaja. Bagi remaja ponsel merupakan bagian dari style yang harus mereka miliki. Jadi sekarang ponsel bukan semata-mata digunakan untuk alat komunikasi tapi bisa untuk gaya. (2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar